Syarat dan Ketentuan
Diperbaharui pada 16 Desember 2022
QIP (selanjutnya disebut “QIP”) merupakan Integrated Financial & Gamification Smart Platform (B2B) untuk membantu meningkatkan value bisnis menjadi lebih kompetitif dan dapat meningkatkan engagement dengan pelanggan.yang dikelola oleh PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (selanjutnya disebut “TELKOM”).
Saat menggunakan QIP, Merchant (selanjutnya disebut “Merchant” atau “Anda”) tunduk pada pedoman, aturan, atau ketentuan yang berlaku, yang dapat diperbarui dari waktu ke waktu. Semua pedoman, aturan, atau ketentuan (termasuk dan tidak terbatas pada Kebijakan Privasi QIP.
Dengan mendaftar dan/atau menggunakan Situs maka Anda dianggap telah membaca, mengerti, memahami, dan menyetujui semua isi Syarat dan Ketentuan ini. Jika Anda tidak menerima dan menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan ini, maka Anda tidak dapat menggunakan QIP.
- DEFINISI
Istilah yang dimuat dalam Ketentuan ini merujuk kepada definisi sebagai berikut:
- Akun adalah akun yang telah didaftarkan oleh Merchant.
- Data Pribadi adalah setiap informasi yang benar dan nyata yang melekat dan dapat diidentifikasi pada masing-masing individu, baik secara langsung maupun tidak langsung, baik berdasarkan salah satu maupun gabungan darinya, baik melalui sistem elektronik maupun non elektronik. Informasi yang dimaksud termasuk namun tidak terbatas pada nama seseorang, nomor identitas, nomorhandphone, lokasi, identitas dalam jaringan sistem elektronik, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan individu tersebut.
- Kontrak Berlangganan adalah perjanjian Penggunaan layanan antara TELKOM dan Merchant.
- Layanan adalah layanan produk dan/atau fitur derivatif yang berada di dalam ekosistem QIP yang digunakan oleh Merchant.
- Mitra adalah adalah penyedia channel pembayaran pada Layanan untuk dapat melakukan transaksi, seperti bank, penyedia uang elektronik, dan retail.
- Merchant adalah pihak atau pelaku usaha baik perseorangan maupun badan usaha yang membutuhkan dan/atau menggunakan Layanan.
- Representatif adalah pihak yang mewakili Merchant berbadan usaha dalam proses integrasi dan/atau penggunaan Layanan.
- Situs adalah www.qip.id.
- LAYANAN
- Jenis Layanan yang terdapat dalam QIP terbagi atas:
- QIP Payment Gateway
Platform penyedia berbagai jenis metode pembayaran dengan jaminan biaya transaksi terbaik.- QIP Disbursement
Platform solusi layanan transfer dana untuk kebutuhan finansial bisnis dengan biaya terjangkau.- QIP Lending
Platform digital yang bekerjasama dengan Lending Service Provider untuk menyediakan layanan pinjaman.- QIP QR Payment
Platform yang memberikan kemudahan bagi user untuk bertransaksi dengan teknologi QR (Quick Response).- QIP Loyalty & Gamification
Platform loyalty berbasis integrasi APIs ke platform klien (Web/ Mobile) dengan pendekatan gamification.- QIP e-Money
Layanan uang elektronik dengan fitur transfer dana dan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Layanan bersertifikat ISO 27001 untuk menjamin keamanan informasi user.- QIP Biller
Layanan PPOB yang membantu bisnis untuk dapat terkoneksi dengan berbagai pembayaran.
- Layanan sebagaimana dimaksud pada poin a di atas dapat digunakan oleh Merchant secara kesatuan maupun keseluruhan. Hal tersebut akan dijelaskan dan diatur lebih lanjut pada Kontrak Berlangganan.
- PENDAFTARAN AKUN DAN PERILAKU
- Layanan dapat digunakan oleh Merchant melalui pendaftaran mandiri melalui Situs dan/atau melakukan perjanjian melalui Kontrak Berlangganan.
- Persyaratan pendaftaran bagi Merchant berbadan usaha dan aturan lebih lanjut secara detail disampaikan melalui Kontrak Berlangganan dengan menghubungi kontak yang tersedia.
- Hanya Merchant yang memiliki Akun yang dapat menggunakan Layanan.
- Untuk membuat Akun, Merchant diminta untuk memberikan beberapa informasi dan/atau Data Pribadi Representatif. Maka sehubungan dengan hal tersebut, Merchant setuju untuk memberikan informasi dan data Merchant dan/atau Data Pribadi secara benar, jelas, akurat, dan lengkap, sekurang-kurangnya berupa:
- Registrasi Akun
- 1) Nama lengkap;
- 2) Email;
- 3) Password.
- Verifikasi Data
- 1) Merchant Perorangan
- a) Foto KTP
- b) Nama Sesuai KTP
- c) NIK
- d) Foto NPWP
- e) Nama Sesuai NPWP
- f) Nomor NPWP
- g) Tipe Bisnis (Perorangan/ Badan Usaha)
- h) Nama Bisnis
- i) Kategori Bisnis (FnB/Fashion/lainnya)
- j) Deskripsi Bisnis (Informasi singkat terkait bisnis)
- k) Nama Bank
- l) Nomor Rekening
- m) Nama Pemilik Rekening
- n) Alamat Kantor
- o) Jenis Platform Bisnis (Website/Aplikasi)
- p) Surat Kuasa (jika yang melakukan verifikasi data bukan pemilik bisnis)
- q) Kontak Layanan Pelanggan
- r) Email Layanan Pelanggan
- s) Alamat Layanan Pelanggan
- 2) Merchant Badan Usaha
- a) Foto KTP
- b) Nama Sesuai KTP
- c) NIK
- d) Foto NPWP
- e) Nama Sesuai NPWP
- f) Nomor NPWP
- g) Tipe Bisnis (Perorangan/ Badan Usaha)
- h) Entitas Bisnis (PT/CV/Lainnya)
- i) Nama Bisnis
- j) Kategori Bisnis (FnB/Fashion/lainnya)
- k) Deskripsi Bisnis (Informasi singkat terkait bisnis)
- l) Nama Bank
- m) Nomor Rekening
- n) Nama Pemilik Rekening
- o) Alamat Kantor
- p) Jenis Platform Bisnis (Website/Aplikasi)
- q) Foto NPWP Badan Usaha
- r) Nomor NPWP Badan Usaha
- s) Dokumen Akta Pendirian dan Perubahan
- t) Dokumen SK Menteri Kehakiman
- u) Surat Kuasa (jika yang melakukan verifikasi data bukan pemilik bisnis)
- v) Nomor Induk Berusaha/ NIB (khusus bagi merchant yang ingin menggunakan pilihan metode bayar QR)
- w) Kontak Layanan Pelanggan
- x) Email Layanan Pelanggan
- y) Alamat Layanan Pelanggan
- Merchant dimohon untuk bertanggung jawab menjaga kerahasiaan dan keamanan akun dan password Merchant.
- Layanan pada dasarnya tidak ditujukan untuk digunakan oleh pihak di bawah umur, yaitu setiap orang yang belum mencapai batas usia dewasa atau usia cakap menurut yurisdiksi. Pihak yang masih berusia di bawah umur yang menggunakan Layanan menjadi tanggung jawab pribadi orangtua/wali dari yang bersangkutan.
- Apabila Merchant memberikan pernyataan dan jaminan, informasi atau Data Pribadi yang tidak benar, tidak jelas, tidak akurat, atau tidak lengkap, maka QIP berhak menolak permohonan pembuatan Akun dan menangguhkan atau memberhentikan sebagian atau seluruh akses dan Layanan yang diberikan kepada Merchant.
- QIP berhak menganggap dan memperlakukan seluruh aktivitas yang dilakukan melalui Akun QIP sebagai aktivitas yang telah dilakukan oleh Merchant.
- Merchant bertanggung jawab atas segala kerugian dan akibat hukum yang timbul dari kesalahan atau kelalaian Merchant dalam menjaga kerahasiaan password dan Akun Merchant.
- Merchant menyetujui untuk segera memberitahukan QIP mengenai setiap dugaan atau aktivitas Penggunaan Akun dan/atau password secara tidak berwenang atau pelanggaran keamanan lainnya yang berkaitan dengan akun Merchant secepat mungkin.
- PENGGUNAAN DAN PEMBAYARAN
- Akses ke Layanan, atau fitur tertentu dari Layanan, mungkin mengharuskan Merchant untuk membayar biaya kepada QIP sebagaimana telah disepakati dalam Kontrak Berlangganan dan/atau ditentukan dengan pengumuman sebelumnya oleh QIP.
- Tarif dan skema Pembayaran akan bergantung kepada Layanan yang dipilih.
- Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah dengan pembayaran tersebut, dimohon menghubungi kontak yang tersedia.
- HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL
Hak Atas Kekayaan Intelektual terkait dengan QIP dan Layanan, termasuk namun tidak terbatas pada, nama, logo, kode program, desain, merek dagang, teknologi, basis data, proses dan model bisnis, dilindungi oleh hak cipta, merek, paten dan hak kekayaan intelektual lainnya yang tersedia berdasarkan hukum Republik Indonesia yang terdaftar atas nama TELKOM. Tidak ada hak atau izin yang diberikan baik secara langsung atau tidak langsung kepada Merchant atau pihak mana pun yang mengakses Situs untuk menggunakan atau memperbanyak Kekayaan Intelektual, dan tidak ada pihak yang dapat mengklaim hak atas, kepemilikan atau kepentingan apapun di dalamnya. Anda tidak diperbolehkan untuk mengubah salinan dalam bentuk kertas maupun digital dari materi apapun. Apabila Anda menemukan terdapat pelanggaran hak kekayaan intelektual, dapat melaporkan ke QIP dengan menghubungi kontak yang tersedia.
- LARANGAN DAN BATASAN TANGGUNG JAWAB
Tidak ada seorang pun yang diperbolehkan melakukan upaya dan/atau yang dapat dianggap upaya untuk mengumpulkan, mengolah dan/atau mengungkapkan Data yang terkandung dalam sistem elektronik QIP untuk tujuan yang melanggar peraturan perundang-undangan.
Tidak ada seorang pun yang diperbolehkan menggunakan Situs untuk melanggar keamanan atau integritas jaringan, komputer atau sistem komunikasi apa pun, aplikasi perangkat lunak, atau jaringan atau perangkat komputasi (masing-masing, "Sistem").
Kegiatan yang dilarang termasuk mengakses atau menggunakan Sistem apa pun tanpa izin, termasuk mencoba menyelidiki, memindai, atau menguji kerentanan Sistem atau untuk melanggar segala tindakan keamanan atau otentikasi yang digunakan oleh suatu Sistem.
QIP dan TELKOM tidak bertanggungjawab atas pengumpulan, pengolahan dan/atau pengungkapan yang dilakukan di luar sistem elektronik QIP.
- JAMINAN TELKOM DAN PEMBATASAN TANGGUNG JAWAB TELKOM SECARA UMUM
- Merchant setuju bahwa dalam memanfaatkan QIP adalah berdasarkan keinginan sendiri dan Layanan QIP diberikan kepada Merchant pada "SEBAGAIMANA ADANYA" dan "SEBAGAIMANA TERSEDIA".
- Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, TELKOM (termasuk TELKOM Group, direktur, dan karyawan) tidak bertanggung jawab, dan Merchant setuju untuk tidak menuntut TELKOM bertanggung jawab, atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari :
- 1) Penggunaan atau ketidakmampuan Merchant dalam menggunakan Layanan QIP;
- 2) Harga Layanan QIP yang telah disediakan oleh Mitra;
- 3) Keterlambatan atau gangguan dalam Aplikasi;
- 4) Kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh masing-masing Merchant;
- 5) Pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual;
- 6) Perselisihan antar Merchant;
- 7) Pencemaran nama baik pihak lain;
- 8) Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak lain dengan cara apa pun mengatas-namakan TELKOM ataupun kelalaian penulisan rekening dan/atau informasi lainnya dan/atau kelalaian pihak bank;
- 9) Virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya (bot, script, automation tool, hacking tool) yang diperoleh dengan mengakses, atau menghubungkan ke Layanan QIP;
- 10) Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam Layanan QIP;
- 11) Kerusakan pada perangkat keras Merchant dari Penggunaan setiap Layanan QIP;
- 12) Adanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada akun Merchant;
- 13) Force Majeure.
- KRITIK DAN/ ATAU SARAN
- Dalam hal terdapat pertanyaan, keluhan dan/ atau pengaduan sehubungan dengan Penggunaan QIP, maka Merchant dapat mengajukan pertanyaan, keluhan dan/atau pengaduan dengan melampirkan identitas Merchant ke:
- 1) Secara tertulis melalui: email helpdesk@qip.id atau WhatsApp ke +62 822 2800 0720.
- 2) Langsung ke alamat lengkap: Divisi Digital Business & Technology – Bidang Fintech & Integration Platform, Gedung Transvision Lantai 2 Jl. Prof Dr. Soepomo No. 139 RT 13/RW 2, Kel. Tebet Barat, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810.
- Dalam hal adanya penambahan, pengurangan dan/atau perubahan channelpengaduan akan diinformasikan kemudian melalui Situs.
- QIP akan melakukan verifikasi data Merchant dengan berpedoman pada data Merchant yang tersimpan pada sistem QIP. QIP berhak melakukan penolakan dalam memproses pertanyaan, keluhan dan/atau pengaduan yang diajukan Merchant dalam hal data Merchant yang diverifikasi tidak sesuai dengan data Merchant yang tersimpan pada sistem QIP.
- QIP akan melakukan pemeriksaan dan/ atau investigasi atas pengaduan Merchant QIP serta memberikan jawaban kepada Merchant sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang berlaku di QIP setelah QIP menerima keluhan/pengaduan secara lengkap dalam kurun waktu 1x24 jam.
- FORCE MAJEURE
- QIP dan TELKOM tidak dapat diminta pertanggungjawaban untuk keterlambatan dan/atau kegagalan dalam memenuhi kewajiban yang disebabkan oleh kejadian-kejadian di luar kemampuan TELKOM (selanjutnya disebut Force Majeure). Kejadian-kejadian yang dapat dikategorikan Force Majeure adalah termasuk segala keadaan atau peristiwa yang terjadi di luar kekuasaan Para Pihak, termasuk akan tetapi tidak terbatas pada huru-hara, epidemi, kebakaran, banjir, gempa bumi, pemogokan umum, perang, sabotase, dan berlaku efektifnya suatu ketentuan Perundang-undangan Republik Indonesia yang membatasi maupun mengakibatkan masing-masing pihak tidak dapat melaksanakan kewajibannya menurut Syarat dan Ketentuan ini.
- Dalam hal terjadinya salah satu atau beberapa kejadian dan/atau peristiwa sebagaimana dimaksud, QIP dan TELKOM berkewajiban untuk memberitahukan secara tertulis melalui email, Situs, dan/atau aplikasi kepada Merchant selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari kalender sejak terjadinya peristiwa tersebut.
- PENYELESAIAN PERSELISIHAN
- Para Pihak sepakat untuk menyelesaikan perselisihan dalam pelaksanaan Syarat dan Ketentuan serta Kontrak Berlangganan secara musyawarah dan mufakat.
- Apabila musyawarah dan mufakat tidak tercapai dalam waktu 30 (tiga puluh) hari kalender atau suatu jangka waktu lainnya sebagaimana disepakati Para Pihak terhitung sejak timbulnya Perselisihan, maka Para Pihak sepakat bahwa penyelesaian Perselisihan tersebut akan diteruskan ke BANI (Badan Arbitrase Nasional Indonesia) yang bertempat di Jakarta dan menyetujui keputusan BANI tersebut bersifat final, sehingga tidak dapat dimintakan putusan pada tingkat yang lebih tinggi dan mengikat Para Pihak.
- HUKUM YANG BERLAKU
Syarat dan Ketentuan ini tunduk pada Hukum Negara Republik Indonesia, hal-hal yang tidak atau belum diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini tunduk pada ketentuan hukum yang berlaku bagi Perjanjian, termasuk namun tidak hanya terbatas pada Hukum Perjanjian yang termuat dalam Buku III, Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPerdata).
- KETENTUAN PENUTUP
Syarat dan Ketentuan ini mulai berlaku pada saat ditetapkan oleh Pihak QIP pada tanggal 16/12/2022.